Minggu, 07 Juni 2009

Peran SDM dalam Pengembangan Organisasi

Oleh : Ayu Ambarini

KabarIndonesia - Dalam perannya yang terus berkembang dari waktu ke waktu, Human Resource (HR) perlu untuk membuat strategi yang konsisten dalam membantu organisasi mencapai tujuan utamanya. Konsep dari pengembangan strategi SDM ini harus berhubungan dan mendukung strategi yang dijalankan oleh organisasi. Dalam pandangannya, Stone (2008) menyatakan peran dari seorang HR dalam mendesign strategi SDM haruslah meyakinkan kepada manajemen bahwa strategi SDM tersebut mampu meningkatakan “profitability” melalui peningkatan produktivitas karyawan. 

Penulis buku strategic HRM, Mello (2006) juga menyampaikan teorinya bahwa strategi SDM haruslah berjalan berkesinambungan dengan budaya dan nilai-nilai yang dianut organisasi. Hal ini dikarenakan HR memiliki peranan yang cukup strategik dalam mengelola efektivitas kerja karyawan, sehingga pengimplementasian dari strategi SDM tidak akan kehilangan makna dan arah dari organisasi tersebut. 

Thite (2004) juga menyampaikan keyakinannya bahwa pengimplementasian strategi SDM yang efektif dan sukses akan meningkatkan rasa kepercayaan diri karyawan dan kepercayaan terhadap organisasi dan pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan dan kapasitas dari karyawannya untuk bersama-sama mencapai sukses di organisasi tersebut. Dengan adanya rasa percaya terhadap organisasi maka karyawan akan memberikan yang terbaik pula bagi organisasi. Bagaimana mengimplementasikan konsep strategi SDM yang efektif merupakan tantangan tersendiri bagi HR manager dan HR department. Dalam hal ini HR harus lebih proaktif untuk menciptakan konsep-konsep strategi pengembangan SDM yang sejalan dengan nilai-nilai organisasi. Analisa dari kekuatan & kelemahan yang dimiliki oleh organisasi akan sangat membantu dalam mendesign konsep dari strategi SDM ini. 
Hal ini dikarenakan didalam dunia kompetisi yang semakin menggila ini, peranan dari kemampuan dan kapasitas “internal” organisasi sangat memainkan peran yang sangat penting untuk memenangkan persaingan. Aset SDM adalah asset yang unik dan berbeda di setiap organisasi. Semakin suatu organisasi mampu mengembangkan dan mengelola asset “kapasitas” SDM ini, maka disitulah kunci sukses organisasi tersebut. 

Kebutuhan organisasi untuk mendesign konsep pengembangan SDM-nya memicu perubahan peran seorang HR dalam mengelola SDM organisasi dari peran-peran tradisionalnya sebagai seorang administrator, menjadi peran yang lebih strategik di dalam organisasi. Didalam peranannya yang lebih strategik inilah HR harus mampu membawa perubahan dan mampu mengupayakan peningkatan kapasitas karyawan. HR harus menyadari bahwa HR memegang peranan yang krusial dalam pencapaian sukses organisasi melalui pengelolaan aset-aset SDM yang dimiliki organisasi tersebut. Dalam peranan yang lebih strategik ini pula, HR harus mampu menyampaikan pesan-pesan perubahan tersebut tidak hanya kepada management organisasi dan seluruh karyawan tetapi juga ke “customers/client dan networking” dari organisasi tersebut. 

Stone (2008) menyatakan bahwa dalam perkembangan peran kearah yang lebih strategik, maka HR memiliki 4 fungsi utama yaitu ; sebagai partner yang strategik dari management dalam pengambilan keputusan, sebagai seorang ahli administrasi di dalam organisasi, sebagai penyampai suara karyawan, dan juga sebagai pembawa agen perubahan di organisasi. Secara garis besar, HR perlu menciptakan konsep strategi pengembangan SDM ini dan menciptakan konsep-konsep pengimplementasiannya untuk mencapai sukses organisasi secara keseluruhan, baca juga: http://careerhrm.wordpress.com). (*)


Referensi:
Mello, J A 2006, Strategic human resource management, Thomson South Western, Ohio.
Stone, R J 2008, Managing human resources, John Wiley & Sons, Queensland.
Thite, W 2004, ‘Strategic positioning of HRM in knowledge-based organizations’, The Learning Organisation, vol. 11, no.1, pp. 28-43

Dikutip dari http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=13&jd=Peran+SDM+dalam+Pengembangan+Organisasi&dn=20090425114253

3 komentar:

  1. peran SDM sgt prlu tu jd knp gak dkmbangkn n di tingkatin lbh baik biar efekx krasa..

    BalasHapus

Mari,, Berikan Komentar Anda !!!