Kamis, 04 Juni 2009

Beragam Reaksi Atas Pidato Obama

KAIRO - Barack Obama menginginkan adanya awal yang baru antara Amerika Serikat dan dunia Islam, saat berbicara di Cairo University, Mesir. Namun sayangnya Obama tidak menawarkan inisiatif baru untuk mengakhiri konflik Palestina-Israel.

Hal tersebut tentu saja memunculkan kekecewaan dari banyak kalangan. Terlebih saat ini pemerintahan Israel pimpinan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu masih bersikeras menolak solusi dua negara, bahkan terus memperluas permukiman Yahudi di Tepi Barat.

Pengutipan ayat Alquran yang dilakukan Obama juga mendapat pujian, karena ayat yang dikutipkan itu menegaskan bahwa Islam mengajarkan agar seluruh umat manusia saling mengenal satu sama lain.

Berikut beragam reaksi atas pidato yang disampaikan Obama selama 47 menit, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (4/6/2009):

Nabil Abu Rdainah, Juru Bicara Presiden Palestina:

"Seruan dia (Obama) untuk menghentikan pembangunan perkampungan Yahudi dan untuk berdirinya sebuah negara Palestina, serta referensi dia untuk rakyat Palestina yang menderita, adalah pesan yang jelas bagi Israel bahwa perdamaian hanya akan terbangun di atas pondasi negara Palestina dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya."

"Pidato Presiden Obama adalah awal yang bagus dan sebuah langkah penting ke depan bagi kebijakan baru Amerika."

Ali Al-Dabbagh, Juru Bicara Pemerintah Irak

"Pidato ini bersejarah, penting, dan merefleksikan arah positif bagi pemerintahan baru (di Washington) dan ini adalah sebuah awal yang baru."

"Penggunaan ayat Alquran memberikan gambaran perubahan yang positif, namun tetap diperlukan aksi nyata."

Hazim Al-Nuaimi, Analis pada Baghdad University

"Dia tidak memberikan hal yang baru bagi warga Irak. Dia memberi memberikan satu janji, untuk menghormati hak minoritas dan bekerja dengan konsensus. Dari semua yang dia katakan, dia mencoba menghilangkan dirinya dari seluruh apa yang terjadi di Irak."

Hassan Fadlallah, Anggota Parlemen dari Hezbollah di Lebanon

"Dunia Islam tidak butuh khotbah politik atau moral. Islam butuh perubahan mendasar dalam kebijakan Amerika, dimulai dari menghentikan seluruh dukungan bagi agresi Israel di kawasan, khususnya di Lebanon dan Palestina. Juga untuk menarik seluruh pasukan Amerika dari Irak dan Afghanistan, dan menghentikan seluruh campur tangan di negara-negara Islam."

Mohammad Marandi, Kepala Studi Amerika Utara di Tehran University, Iran

"Dengan menghormati Iran, nada itu secara signifikan lebih positif dibandingkan pemerintahan AS sebelumnya, meskipun dalam beberapa aspek masih negatif. Namun saya pikir warga Iran bersama warga di kawasan ini mengharapkan perubahan yang sama yang dijanjikan Obama kepada rakyat Amerika. Amerika harus berubah. Bicara saja tidak cukup."

Sheikh Abdulahi Sheikh Abu Yusuf, Ulama Moderat di Somalia

"Pidato Obama bagus dan Islam berarti perdamaian. Obama, mari ikuti ayat yang anda kutip dari Alquran."

"Al Qaeda telah salah menafsirkan Islam dan adalah musuh seluruh umat manusia. Islam mengatakan semua bangsa harus hidup damai. Islam tidak memerintahkan seseorang untuk menghancurkan masjid dan gereja. Hai orang Barat, Al Qaeda adalah bom yang anda tanam. Mari hilangkan itu bersama-sama."


Dikutip dari http://international.okezone.com/read/2009/06/04/18/226265/beragam-reaksi-atas-pidato-obama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari,, Berikan Komentar Anda !!!