Jumat, 12 Juni 2009

MEMBANGUN ORGANISASI KEMITERAAN

PENDAHULUAN

Salah satu usaha membangun kehidupan berbangsa sangat pula ditentukan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan, oleh karena itu diperlukan usaha-usaha masyarakat yang secara sadar mampu mengubah sikap dan perilaku dalam proses apa yang kita sebut mengintergrasikan niat kepentingan kemiteraan sebagai salah satu mengangkat derajat manusia.

Kita menyadari sepenuhnya membangun suatu kebiasaan baru bukanlah sesuatu yang gampang untuk dilaksanakan, disitulah letak kunci bagaimana sebaiknya kita mengungkit kekuatan berpikir baik secara methodis (otak dan hati) maupun secara non-methodis (hati).

Kebangkitan kekuatan pikiran dalam usaha untuk melaksanakan perubahan sikap dan perilaku dimulai dengan semangat niat yang mendorong membangun keinginan yang untuk menopang penguasaan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan.

Sejalan dengan pemikiran diatas, maka membangun organisasi kemiteraan sebagai solusi agar kita bersama-sama mendorong satu kebersamaan dalam proses berpikir untuk memanfaatkan perubahan yang didorong oleh pemahaman kemiteraan dari satu pendekatan menguraikan kata kemietaraan menjadi bermakna.

Kata KEMITERAAN dapat diuraikan dari huruf menjadi kata yang bermakna untuk mendorong mencari jawaban atas what, why, where, when, who, dan how sebagai daya dorong dalam proses mngintergrasikan kepentingan kemiteraan sbb. :

K menjadi (K)erja sama ; E menjadi (E)konomi ; M menjadi (M)emanfaatkan ; I menjadi (I)nformasi ; T menjadi (T)eknologi ; A menjadi (A)kses ; A menjadi (A)kselerasi ; N menjadi (N)ilai tambah.

Bertitik tolak dari makna kata, bila kita rumuskan menjadi kata bermakna, maka KEMITERAAN adalah suatu strategi bisnis kedalam (K)erja sama (E)konomi dengan (M)emanfaatkan sistem (I)nformasi dan (T)eknologi web sebagai alat (A)kses untuk pintu masuk dalam usaha meningkatkan (A)kselerasi (N)ilai tambah.

Dengan pemahaman tersebut diharapkan mendorong usaha membangun organisasi kemiteraan sebagai alat untuk berkarya dalam kebersamaan mewujudkan kebiasaan yang produktif melalui proses intergrasi kepentingan.

TUJUAN MEMBANGUN ORGANISASI KEMITERAAN

Dengan memanfaatkan sistem informasi dan teknologi web setiap orang dapat menumbuh kembangkan kebiasaan produktif dimana kebutuhan menambah pengetahuan, keterampilan dan keinginan dapat didorong oleh organisasi kemiteraan dengan tujuan : 1) mendorong agar berpartisipasi untuk menciptakan sumber penghasilan baru bagi yang bersangkutan ; 2) mendorong setiap orang berkreasi untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia ; 3) mendorong setiap orang bukan mencari kerja melainkan menciptakan kerja ; 4) mendorong kesiapan orang untuk membangun kemiteraan dalam dunia bisnis dalam skala UKM ; 5) membangun dan mengembangkan data dan informasi mengenai kegiatan bisnis melalui media internet.

PENUTUP

Situs ini dibangun kedalam http://organisasiatr.wordpress.com untuk menampung dan melaksanakan yang kita sebut dengan proses integrasi kepentingan kedalam konsepsi kemiteraan yang dapat menjembatani jarak, kreatif dan inovasi, stakeholders.

Dengan situs ini diharapkan integrasi dalam menerapkan etika bisnis (kejujuran, intergritas, karekter, kepercayaan, komunikasi dua arah dan terbuka, keinginan dan keseimbangan) , pengembangan dan manfaat dalam organisasi kemiteraan sebagai wahana kepemimpinan kolaboratif.


Dikutip dari http://organisasiatr.wordpress.com/2008/01/13/membangun-organisasi-kemiteraan/

3 komentar:

  1. my name is Edo F1B007004
    dalam kemitraan dalam organisasi tentu adanya sosialisasi yang sifatnya membangun?
    setahu kelompok anda apakah hal tersebut mampu di terapkan di Himpunan mahasiswa seperti HMJ-AN?

    BalasHapus
  2. aloww gan,akhirnya bs post jg d blog ni.. wa ud cape dr kmrn2 ketik tp ga bs2 dah mpe pertnyaan lupa smua.. lngsung aj dah apakah saat ini d sekitar kampus kita ad elemen yg ud menerapkan sperti pendapat anda d atas? ndra pa perlu nanya lg d comen yg dl pas presentasi ato ga usa?

    BalasHapus
  3. walah iy namae lupa Justinus Anggana yang ganteng dengan nim (F1B007090)

    BalasHapus

Mari,, Berikan Komentar Anda !!!