Jumat, 29 Mei 2009

Laporan Kerja Kelompok

Nama kelompok : Futakayoo ( Futari Kanojo Yonin Otoko )
Ketua : Indra Achmadi F1B007038
Anggota : Iyan Deriyana F1B007034
Rio Hendra W. F1B007035
Wahyu Kusumawardani F1B007036
Audrey Caroline F1B007037
Candra Adhi W.W. F1B007040
Motto : Bekerja lebih cepat dan berdaya guna
Judul bab : Meluluhlantakkan Kompleksitas dan Bekerja Lebih Cepat

Mengapa, apa, siapa,kapan, dimana, bagaimana? What, where, when, who, why and how.
Salah satu mata kuliah pilihan yang disediakan oleh jurusan Ilmu Administrasi Negara bagi mahasiswanya adalah mata kuliah Pengembangan Organisasi. Mata Kuliah ini memiliki tujuan untuk dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai pernmasalahan yang di hadapi oleh organisasi pada masa kini; memahami pentingnya pengembangan bagi suatu organisasi; serta mengetahui berbagai strategi yang dapat dilakukan oleh organisasi dalam melakukan pengembangan dan perubahan. Dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Organisasi adalah Simin M.Si. dan Dr. Ali Rokhman, Ph.D, M.Si.
Selain pemberian ceramah oleh dosen, untuk lebih memudahkan mahasiswa memahami mata kuliah ini maka diberikanlah tugas terstruktur, yaitu review buku yang berjudul ChanGe ! yang di tulis oleh Rhenald Kasali, yang sebelumnya juga salah satu bukunya telah kami resume bersama pak Simin yaitu Re-code Your DNA. Untuk lebih memudahkan dalam mereview buku tersebut maka dibentuklah kelompok-kelompok kecil, yang masing-masing kelompok beranggotakan maksimal enam mahasiswa. Pembagian tersebut didasarkan pada urutan absen. Masing-masing kelompok mendapat satu bab yang ada di dalam buku itu untuk di review.
Berdasarkan atas pembagian kelompok itu, maka terbentuklah empat belas kelompok. Salah satunya adalah kelompok delapan yang beranggotakan enam mahasiswa, yaitu:
1. Iyan Deriyana (F1B007034)
2. Rio Hendra W (F1B007035)
3. Wahyu Kusumawardani (F1B007036)
4. Audrey Caroline (F1B007037)
5. Indra Ahmadi (F1B007038)
6. Candra Adi W (F1B007040)
Kelompok delapan mendapat jatah tugas untuk mereview bab delapan yang berjudul “Meluluhlantakkan Kompleksitas dan Bekerja Lebih Cepat”. Dengan adanya ketentuan bahwa setiap kelompok harus memiliki nama dan motto tersendiri juga memiliki blog untuk mem-publish-kan hasil, kami sepakat memberikan nama kelompok ini adalah Futakayoo yang berasal dari singkatan bahasa Jepang, Futari Kanojo Yonin Otoko yang berarti dua perempuan empat laki-laki karena memang anggota kelompok kami terdiri dari dua perempuan dan empat laki-laki. Salah satu motivasi kelompok kami mengambil nama tersebut sebab dosen pengampu mata kuliah ini pernah tinggal dan menyukai Jepang. Lalu kami mengambil motto yang berasal dari bagian materi yang kami review yaitu mengenai bekerja lebih cepat dan disamping dengan itu hasil kerja pun harus bermanfaat, sehingga menjadi “Bekerja lebih cepat dan berdaya guna”. Untuk urusan blog, diserahkan kepada ketua dalam pembuatan dan pengurusannya, sesuai dari nana kelompok tadi, nama blog kami adalah http://futakayoo.blogspot.com.
Untuk lebih memudahkan dalam mereivew bab tersebut, kelompok kami menggunakan sistem bagi tugas. Setiap mahasiswa mendapatkan minimal empat halaman atau dua sub bab yang harus direview dan memberikan hasil kerjanya kepada ketua dalam bentuk softcopy. Kemudian hasil dari review masing-masing mahasiswa itu didiskusikan kembali dalam diskusi kelompok. Hasil diskusi itulah yang menjadi hasil akhir, yang nantinya akan dipresentasikan dalam kelas.
Selain dipresentasikan di depan kelas, tugas ini juga diharuskan untuk di up-load ke blog masing-masing kelompok. Pembuatan blog ini memang menjadi salah satu ketentuan tugas wajib yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah ini. Tujuan dari pembuatan blog ini adalah untuk memudahkan mahasiswa meng-upload tugas kelompok lain. Blog ini juga menjadi sarana diskusi antar mahaiswa dengan mahasiswa atau antara mahasiswa dengan dosen di luar kegiatan perkuliahan.
Banyak kendala yang dihadapi kelompok ini dalam penyelesaian tugas ini. Awal pemberian tugas ini terdapat misscommunication antar anggota kelompok, sehingga ada anggota yang tidak tahu mengenai pembagian tugas. Kelompok ini juga mengalami kebingungan dalam menentukan nama kelompok. Misscommunication juga berakibat pada sulitnya diskusi kelompok. Selain itu, terkendala juga dalam meng-upload hasil review ke dalam blog kelompok, terlebih dengan ramainya aktifitas penggunaan hotspot untuk internet di kampus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari,, Berikan Komentar Anda !!!